Sudah Amankah Pembalut Anda?

Pembalut menjadi produk yang tak bisa dilepaskan dari perempuan. Tak mengherankan juga jika pembalut termasuk salah satu barang yang terbesar diproduksi di dunia. Nah, dari sekian banyak pilihan produk pembalut di pasaran, tentu tidak semua berkualitas baik. Lalu, bagaimana cara memilih pembalut yang baik?

Dr H. Abidinsyah Siregar, DHSM, MKes, pengamat kesehatan perilaku dari Kementrian Kesehatan RI mengemukakan bahwa pembalut bisa menjadi dilema bagi perempuan. “Tingkat ekonomi seseorang bisa menentukan pilihan pembalut yang digunakan. Dari kalangan yang hanya membutuhkan pembalut saja, sampai yang ingin menggunakan lebih dari sekadar pembalut, misalnya pembalut yang aman, dan sehat,” tutur Abidin saat peluncuran buku Panduan Kesehatan Keluarga di FX, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/12) lalu.

Hal yang tidak bisa dipungkiri, harga pembalut menentukan kualitas produk itu sendiri. “Semakin murah, semakin banyak bahan buatan atau sintetis dibanding aslinya. Tapi bukan berarti mahal harganya, pembalut itu jaminan berkualitas,” tegas dokter kelahiran Banda Aceh ini.

Menurut Abidin, cara paling bijak menentukan pembalut yang baik adalah saat membeli. “Prinsip membeli itu kan melihat daftar bahan bakunya di kemasan produk,” kata Abidin. Menurut penelitian, pembalut mengandung dioksin bisa memicu kanker serviks atau kanker leher rahim. Meski belum ada data akurat mengenai itu, sebaiknya para perempuan berhati-hati.

Ada tes simpel yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah pembalut itu mengandung dioksin atau tidak. Caranya lapisan dalam pembalut (seperti kapas) dibuka kemudian dimasukan dalam air. Kalau ternyata hancur dalam air dan airnya keruh berarti berdioksin. Sebaliknya, jika tidak hancur, pembalut itu aman dipakai.

Tagged: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s